Cari di Blog Ini

"Semoga artikel berikut dapat memberikan manfaat bagi Anda"
"Banyak cara untuk saling memberi kepada sesama"
"Mari saling berbagi, semoga sukses dan sehat selalu serta dalam keberkahan. Amiin"

Jumat, 30 Desember 2011

Budidaya Pohon Gaharu

Deskripsi
Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 tahun yang lalu) telah menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India, Persia,
Jazirah Arab, serta Afrika Timur.
Sudah gaharu, cendana pula! Sudah tahu, bertanya pula! Peribahasa tersebut sangat sering kita dengar sehari-hari. Akan tetapi tidak banyak dari kita yang tahu apakah gaharu tersebut dan darimana ia dihasilkan. Gaharu sebenarnya merupakan substansi aromatik (aromatic resin) yang berbentuk gumpalan atau padatan berwarna coklat muda sampai kehitaman yang terbentuk pada lapisan dalam kayu tertentu. Timbulnya gaharu ini bersifat spesifik, dimana tidak semua pohon dapat menghasilkan substansi aromatik ini. 

Berdasarkan studi dari Ng et al. (1997), diketahui jenis-jenis berikut ini menghasilkan resin gaharu apabila terinfeksi oleh kapang gaharu :
Teknik dan Cara Budidaya Gaharu
Syarat TumbuhGaharu dapat ditanam mulai dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 750 mdpl.
  • Tinggi pohon mencapai 40 m dengan diameter batang mencapai 60 cm.  Permukaan batangnya licin, berwarna keputih-putihan, kadang-kadang beralur. Kayu biasanya keras.
  • Bentuk daun lonjong agak memanjang dengan ukuran panjang 6-8 cm, lebar 3-3,5 cm. Ujung daun meruncing, daun kering biasanya berwarna abu-abu kehijauan, tepi daun agak bergelombang, melengkung, kedua permukaannya licin dan mengkilap. Tulang daun sekunder 12-16 pasang.
  • Bunga terdapat pada ujung ranting, ketiak daun. atau kadang-kadang di bawah ketiak daun.  Bunga berbentuk lancip, panjangnya sampai 5 mm, berwarna hijau kekuningan atau putih, berbau harum. Buah berbentuk bulat telur atau agak lonjong, panjangnya sampai 4 cm, lebar 2,5 cm.  Bentuk biji bulat telur, tutupnya rapat oleh rambut yang berwarna merah.
Perbanyakan Bibit

Secara umum, ada 2 (dua) cara perbanyakan bibit tanaman gaharu, yaitu dengan cara generatif dan vegetatif.

Cara Generatif
Secara generatif (biji), bibit Gaharu dapat diperoleh dari biji maupun secara puteran.
Pembuatan bibit gaharu dari biji, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan biji ini, yaitu :
  • Buah yang sudah tua di batang dikumpulkan pada musim buah.
  • Buah yang diperoleh dikeringkan selama beberapa hari dengan cara diangin-anginkan atau dijemur selama 2 (dua) jam pada pagi hari, yaitu antara jam 08.00-10.00.
  • Biji yang sudah kering ditaruh di dalam karung dan disimpan dengan baik, jangan sampai terkena air, lembab, berjamur atau dimakan serangga dan tikus, sampai waktunya untuk disemaikan.
Pembuatan bibit secara puteran
  • Tanaman Gaharu dapat dikembangbiakkan secara alami melalui pemencaran biji.  Pohon yang sehat biasanya dapat menghasilkan banyak biji dengan daya kecambah yang cukup tinggi.  Umumnya, pohon yang berasal dari biji baru bisa menghasilkan buah setelah berumur ± 8 (delapan) tahun.
  • Anakan gaharu dapat diambil pada awal musim penghujan.  Pengambilan anakan ini harus disertai dengan tanah disekitarnya dan dilakukan dengan hati-hati agar akar jangan sampai rusak.  Kemudian anakan tersebut ditempatkan di polybag dan dipelihara di bedengan sampai siap untuk ditanam.
Cara Vegetatif
Perbanyakan bibit tanaman gaharu secara vegetatif dapat dengan cangkok, okulasi, stek pucuk dan lain sebagainya.  Namun cara vegetatif ini memiliki kelemahan, antara lain :
  • Perakaran tanaman kurang lengkap, sehingga mudah roboh bila tertiup angin kencang.
  • Tanaman kurang tahan menghadapi keadaan kurang air, khususnya di musim kemarau panjang, karena sifat perakarannya yang dangkal dan kurang mampu mengambil air tanah.
Namun perbanyakan dengan cara vegetatif ini adalah bibit relatif lebih cepat dibandingkan dengan cara generatif.
 
Penanaman
Penanaman benih gaharu sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan di pagi hari sampai jam 11.00, dan dapat dilanjutkan pada jam 4 petang harinya.


Jarak Tanam
Jarak tanam 3x3 m (1.000 pohon/ha.), namun dapat juga 2.5x3 m sampai 2.5x5 m. Jika tanaman gaharu ditanam pada lahan yang sudah ditumbuhi tanaman lain, maka jarak tanaman gaharu minimal 3 m dari tanaman tersebut.

Lubang tanam
Ukuran lubang tanam adalah 40x40x40 cm. Lubang yang sudah digali dibiarkan minimal 1 minggu, agar lubang beraerasi dengan udara luar. Kemudian masukkan pupuk dasar, campuran serbuk kayu lapuk dan kompos dengan perbandingan 3:1 sampai mencapai ¾ ukuran lubang. Kemudian setelah beberapa minggu pohon gaharu, siap untuk ditanam.
PemeliharaanPemupukan dapat dilakukan sekali 3 bulan, namun dapat juga setiap 6 bulan dengan kompos sebanyak 3 kg melalui pendangiran dibawah canopy. Penggunaan pupuk kimia seperti NPK dan majemuk dapat juga ditambahkan setiap 3 bulan dengan dosis rendah (5 gr/tanaman) setelah tanaman berumur 1 tahun, kemudian dosisnya bertambah sesuai dengan besarnya batang tanaman. Hama tanaman gaharu yang perlu diperhatikan adalah kutu putih yang hidup di permukaan daun bawah, bila kondisi lingkungan lembab. Pencegahan dilakukan dengan pemangkasan pohon pelindung agar kena cahaya matahari diikuti penyemprotan pestisida seperti. Pembersihan gulma dapat dilakukan 3 bulan sekali atau pada saat dipandang perlu.
Pemangkasan pohon dilakukan pada umur 3 sampai 5 tahun, dengan memotong cabang bagian bawah dan menyisakan 4 sampai 10 cabang atas. Pucuk tanaman dipangkas dan dipelihara cukup sekitar 5 m, sehingga memudahkan pekerjaan inokulasi gaharu.

Proses Pembentukan Gaharu
Gaharu dihasilkan tanaman sebagai respon dari masuknya mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka. Luka pada tanaman berkayu dapat disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dengan pengeboran dan penggergajian. Masuknya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen. Senyawa fitoaleksin tersebut dapat berupa resin berwarna coklat dan beraroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilem dan floem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain. Namun, apabila mikroba yang menginfeksi tanaman dapat mengalahkan sistem pertahanan tanaman maka gaharu tidak terbentuk dan bagian tanaman yang luka dapat membusuk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cabang tanaman. Senyawa gaharu dapat menghasilkan aroma yang harum karena mengandung senyawa guia dienal, selina-dienone, dan selina dienol. Untuk kepentingan komersil, masyarakat mengebor batang tanaman penghasil gaharu dan memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap spesies pohon penghasil gaharu memiliki mikroba spesifik untuk menginduksi penghasilan gaharu dalam jumlah yang besar. Beberapa contoh cendawan yang dapat digunakan sebagai inokulum adalah Acremonium sp., Cylindrocarpon sp., Fusarium nivale, Fusarium solani, Fusarium fusariodes, Fusarium roseum, Fusarium lateritium dan Chepalosporium sp.

Proses Pembentukan Gaharu secara Bauatan:
Teknologi sederhana untuk membentuk gaharu, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Melukai batang pohon 
  2. Cara pembenihan mikroorganisme
  3. Pemberian oli dan gula merah
  4. Memasukan potongan gaharu
  5. Cara bor spiral pada batang gaharu (Aquilaria malaccensis) yang berumur minimal 5 tahun
Spesifikasi
Gaharu dikelompokkan menjadi 3 (tiga) sortimen, yaitu gubal gaharu, kemedangan dan abu gaharu.

Cara Pemungutan
  • Gubal gaharu dan kemedangan diperoleh dengan cara menebang pohon penghasil gaharu yang telah mati, sebagai akibat terjadinya akumulasi damar wangi yang disebabkan oleh infeksi pada pohon tersebut.
  • Pohon yang telah ditebang lalu dibersihkan dan dipotong-potong atau dibelah-belah, kemudian dipilih bagian-bagian kayunya yang telah mengandung akumulasi damar wangi, dan selanjutnya disebut sebagai kayu gaharu.
  • Potongan-potongan kayu gaharu tersebut dipilah-pilah sesuai dengan kandungan damarnya, warnanya dan bentuknya.
  • Agar warna dari potongan-potongan kayu gaharu lebih tampak, maka potongan-potongan kayu gaharu tersebut dibersihkan dengan cara dikerok.
  • Serpihan-serpihan kayu gaharu sisa pemotongan dan pembersihan atau pengerokan, dikumpulkan kembali untuk dijadikan bahan pembuat abu gaharu.
Pengolahan Minyak Gaharu
Sebelum dijadikan bahan baku parfum, gaharu harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yang terkandung di dalamnya. Sebagian kayu gaharu dapat dijual ke ahli penyulingan minyak yang biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untuk mengekstraksi minyak dari kayu tersebut. Untuk mendapatkan minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kemudian dipindahkan ke dalam suatu tempat untuk menguapkan air hingga minyak yang terkandung keluar ke permukaan wadah dan senyawa aromatik yang menguap dapat dikumpulkan secara terpisah. Teknik distilasi uap menggunakan potongan gaharu yang dimasukkan ke dalam peralatan distilasi uap. Tenaga uap yang menyebabkan sel tanaman dapat terbuka sehingga minyak dan senyawa aromatik untuk parfum dapat keluar. Uap air akan membawa senyawa aromatik tersebut kemudian melalui tempat pendinginan yang membuatnya terkondensasi kembali menjadi cairan. Cairan yang berisi campuran air dan minyak akan dipisahkan hingga terbentuk lapisan minyak di bagian atas dan air di bawah. Salah satu metode digunakan saat ini adalah ekstraksi dengan [superkritikal CO2], yaitu CO2 cair yang terbentuk karena tekanan tinggi. CO2 cair berfungsi sebagai pelarut aromatik yang digunakan untuk ekstraksi minyak gaharu. Metode ini menguntungkan karena tidak terdapat residu yang tersisa, CO2 dapat dengan mudah diuapkan saat berbentuk gas pada suhu dan tekanan normal.

Nilai Ekonomi
Gaharu banyak diperdagangan dengan harga jual yang sangat tinggi terutama untuk gaharu dari tanaman famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp. yang dalam dunia perdangangan disebut sebagai gaharu beringin. Untuk jenis gaharu dengan nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut sebagai gaharu buaya. Selain ditentukan dari jenis tanaman penghasilnya, kualitas gaharu juga ditentukan oleh banyaknya kandungan resin dalam jaringan kayunya. Semakin tinggi kandungan resin di dalamnya maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal dan begitu pula sebaliknya. Secara umum perdagangan gaharu digolongkan menjadi tiga kelas besar, yaitu gubal, kemedangan, dan abu. Gubal merupakan kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat. Kemedangan adalah kayu gaharu dengan kandungan damar wangi dan aroma yang lemah serta memiliki penampakan fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, memiliki kasar, dan kayu lunak. Kelas terakhir adalah abu gaharu yang merupakan serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.

Prospek Bisnis GaharuSebanyak 2000 ton/tahun gaharu memenuhi pusat perdagangan gaharu di Singapura. Gaharu tersebut 70% berasal dari Indonesia dan 30% dari negara-negara Asia Tenggara lainnya. Hutan alam sudah tidak mampu lagi menyediakan gaharu. Gaharu hasil budidaya merupakan alternatif pilihan untuk mendukung kebutuhan masyarakat dunia secara berkelanjutan.
Jika satu pohon gaharu hasil budidaya menghasilkan 10 kg gaharu (semua kelas), maka diperlukan pemanenan 200.000 pohon setiap tahun.
Dengan harga mulai dari 500.000-30 juta/kg bahkan bisa lebih, tergantung asal species pohon dan kualitas gaharu dan minyak gaharu yang disuling dari gaharu kelas rendah (kemedangan) memiliki harga mulai dari 50.000-100.000/ml maka keuntungan dari budidaya gaharu dapat mengubah tingkat kesejahteraan masyarakat.

57 komentar :

  1. Numpang Info mas
    Ini Ada Info yg Lebih Masuk akal dan bisa di buktikan…. beli bibit Gaharu, 1 Paket harga Rp 350.000, dapat 80 pohon. ditanama selama 7 – 8 tahun, satu pohon bisa menghasilkan 2 kg gubal gaharu seharga Rp 10 jutaan ( harga pasar) . Dapat sertifikat lagi. Ada jaminan pembelian gaharu oleh perusahaan jadi kita gak bingung mo jual kemana. Selagi masih ada umur, mari segera tanam….. untuk tabungan d masa depan. Butuh bibit???Hubungi.. Suwarto. 085227348404

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di dapat dimana nih mas ???????

      Hapus
    2. Maaf Harga Baru 1 paket bibit gaharu Jenis A malacensis isi 110 pohon tinggi 17 cm belum pake polibegsekarang 500 ribu rupiah sudah termasuk ongkos kirim, ada sertifikat . Hubungi Suwarto Banjarnegara Jawa Tengah 085227348404

      Hapus
    3. mas perkenalkan saya jarto, saya berminat untuk tanam gaharu tp ada jaminan pemasaran dtk mas?
      kebetulan kmrin saya tanam albasia kalau gaharu ada jaminan pemasaran mudah saya ingin beralih ke gaharu.bls, thanks...

      Hapus
    4. Saya Khairul di jambi.. paket yg anda tawarkan phon gaharu nya sudah brp cm tnggi nya.. hubungi saya di khairul_mmf@yahoo.co.id

      Hapus
  2. terima kasih gan atas info nya, salam tani Indonesia, semoga sukses selalu...
    semoga infonya bisa membantu buat semua keluarga tani Indonesia...

    BalasHapus
  3. BAGI ANDA YANG PUNYA UANG TAPI TIDAK PUNYA LAHAN, PUNYA LAHAN TAPI TERLALU SIBUK, INILAH INVESTASI YANG SANGAT MASUK AKAL DAN SANGAT MENJANJIKAN DAN SEDANG TREND SAAT INI YAITU INVESTASI POHON GAHARU PAKET PLATINUM, MODAL Rp 5.500.000 ANDA AKAN MENDAPATKAN: POHON GAHARU= 21 POHON, 1 HAK USAHA, DAPAT BONUS PROFIT SHARING OMSET TIAP BULAN, DPT SERTIFIKAT KEPEMILIKAN POHON GAHARU, JIKA POHON UMUR 5 TAHUN DAN DIAMETER MINIMAL 20 CM BISA DIJUAL KEPERUSAHAAN DG HARGA Rp 2.500.000 PER POHON, JADI 21 POHON X 2.500.000 = 52.500.000 .JIKA TDK DI JUAL MAKA DI TUNGGU SAMPAI PANEN MAKA BAGI HASIL PANEN 50% INVESTOR DAN 50% PERUSAHAAN. ANDA TIDAK REPOT MERAWAT DAN MEMIKIRKAN PERTUMBUHAN TANAMAN KARENA JIKA TANAMAN ADA YG MATI AKAN SEGERA DI GANTI . HUBUNGI WARTO BANJARNEGARA 085227348404

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya ingin gabung saya punya tanah seper empat hetar tapi gak punya modal beli bibit bsa gak ?

      Hapus
    2. HP. 0853 7624 4454
      Pengiriman keseluruh Indonesia insaallah

      Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor dan Kepulawan Anambas sekitarnya
      Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

      Untuk wilayah Kep. Meranti, Batam Kota dan sekitarnya Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
      Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833

      Hapus
    3. salam hormat pak warto,saya cukup tertarik dengan paket platinum yg bapak tawarkan tapi daerah saya jauh di ambon, bagaimana saya bisa yakin ini benar dan bagaimana saya bisa mengontrol investasi saya? terima kasih dan maaf atas kekurangannya. mohon info selanjutnya.

      Hapus
  4. terima kasih informasinya gan...

    BalasHapus
  5. mohon info lengkap, dan kalau beli bibit berapa harganya, tolong alamat dikrim lwat email pemcek_tangguh@yahoo.com thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di atas yang kasih infonya gan...coba aja dihubungi ke beliau...

      Hapus
  6. kami menyediakan berbagai macam jenis pepohonan daik kayu-kayuan maupun buah-buahan. adapun kayu-kayuan yang lagi booming adalah gaharu dan jabon/kelampayan. harga murah dan terjangkau. berminat hub. H. Agus Jaya, Lc. M.Hum. 081367472006

    BalasHapus
  7. Saya punya lahan sebesar 4 heaktar dan tak punya dana untuk membeli bibit serta perawatan gimana, cara kerja samanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi Bapak Warto BANJARNEGARA 085227348404 atau hubungi Bapak H. Agus Jaya, Lc. M.Hum. 081367472006

      Hapus
  8. mohon info jika penagiriman bibit ke daerah prov kepri kabupaten lingga brapa lama dan ongkosnya ? mohon di email ke tuahzul@yahoo.com,,,, trimss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi Bapak Warto BANJARNEGARA 085227348404 atau hubungi Bapak H. Agus Jaya, Lc. M.Hum. 081367472006

      Hapus
  9. Jika Anda berminat membeli bibit gaharu kami menyediakan bibit gaharu jenis unggul “Aquiliria Malaccensis”. Harga gaharu polibag siap tanam tinggi 10-20 cm Rp 6.000,- per batang dan tinggi +30 cm Rp 7.500,-. Selain itu saya juga menjual bibit dalam bentuk biji dengan harga Rp. 600.000/ kg dan bibit yang belum dipolibag Rp 3.000 .Lokasi di Bengkulu
    Hub (085267070652)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang Eris, saya punya lahan 1 ha di bengkulu utara, apakah bisa dikerjasamakan utk tanam gaharu? Jusup... 0818219687 email : ucup@bdg.centrin.net.id

      Hapus
  10. Kami Menjual Bibit GAHARU Berkualitas Rp. 500/btg
    Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kota. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan sekitarnya
    HP. 0853 7624 4454
    Pengiriman keseluruh Indonesia insaallah

    Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor dan Kepulawan Anambas sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

    Untuk wilayah Kep. Meranti, Batam Kota dan sekitarnya Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA PUNYA LAHAN PEKARANG 800 M2, 4000m2 dan 210 m2

      ingin saya tanami gaharu.....

      saya gag punya modal

      saya juga bisa usahakan kerjasama dengan petani di lahan marginal....

      call saya, mohon bantuannya 081249412121

      Hapus
  11. saya punya lahan 1/4 hektar, yang mau dijadikan lahan belajar nanem pohon gaharu, bisa emailkan cara pemesanan dan sertifikat yang saya peroleh.
    saya tinggal di daerah jawa barat, tepatnya indramayu.
    my e-mail ahmadriyadi72@yahoo.co.id
    my contact number 081324432009

    BalasHapus
  12. saya punya lahan diwilayah kecamatan ukui riau 10 ha.tapi kami belum punya modal.pada cv.dypa aquilaria mandiri mari berinvestasi dan tolong sosialisasi yang lengkap pada kami cara dan bagaimana tentang kayu gaharu.saya tinggal di kecamatan ukui kabupaten pelalawan riau dengan email saya adinurya@yahoo.co.id
    mobile:081324616917

    BalasHapus
  13. kami mewakili kelompok tani maju jaya ,kami mempunyai lahan 50 ha.ditanam sawit tidak berhasil karena dimakan landak dan tikus,maksud kami ingin beralih dan tertarik pada budidaya kayu gaharu,namun kami belum tahu tentang bagaimana dan dimana kayu gaharu,bagi yang sudah sukses tentang hal tersebut kami minta petunjuk dan sosilalisai yang kongrit demi para petani kami udah ancur,entok modal lan entok bandane.tulunglah bagi-bagi rezekine....
    email kita:sdn.ukui@yahoo.com
    hp:085376042974

    BalasHapus
  14. Wah nih saya baru tau infonya tentang gaharu, kira2 ada yang tau kalau di banyuwangi untuk mendapatkan bibitnya di mana? Kepingin nih kita budidaya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya gan...
      untuk informasi bibit ada beberapa komentator yang telah menyampaikan informasi, silahakan dihubungi gan...
      Salam Tani Indonesia...
      Semoga Sukses Selalu...

      Hapus
  15. Salam untuk investor Gaharu yang ingin melakukan Penanaman 500-1000 pohon Gaharu, Dijual tanah di daerah Desa Punggur Kecil Parit Alang Umar. Kota Pontianak.
    Tanah dijual seluas 745200 m2, dibuka harga 2500m2. tanah masih SKT, tanah masih dalam bentuk hutan lebat. bila berminat dan butuh informasi lengkap hub ke no 087882048401 / 085245114511

    BalasHapus
  16. Kami sedia bibit gaharu Jenis A malacensis 1 paket isi 110 pohon, tinggi 17-20 cm belum polibeg, ada sertifikat kerjasama, harga per paket 400.000 sudah termasuk ongkos kirim. Kami bukan sekedar jualan bibit tapi menjalin kemitraan dengan petani, nanti anda dapatkan subsidi inokulan sebesar 75%. Misal harga inokulan 800 ribu di pasar, anda cukup membayar 200 ribu perliter. Setelah 7 - 8 tahun hasil panen akan di beli oleh perusahaan kami dengan harga pasar. Silahkan hubungi Suwarto 085227348404

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bisa dikirim untuk wilayah bangka??? Dan bagaimana cara transaksi nya???

      Hapus
    2. saya puya lahan 3 Ht di Pematangsiantar Sumatera Utara. tp saya tidak cukup modal utuk menanam, mohon solusi mas..

      Hapus
  17. kalau anda butuh bibit dalam polibeg, kami sediakan dengan harga perpolibeg 13.000. Minimal pembelian 1500 polibeg. kami bukan sekedar jualan bibit tapi kami hanya membeli hasil gubal gaharu dari anggota saja yang beli bibit ke kami. Hubungi Suwarto 085227348404

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sukses...Kami team makrifat business Jember
      produsen handycraft. saat ini sedang membutuhkan Kayu Gaharu kwalitas super sebagai bahan pembuatan tasbih, bagi yang memiliki kayu yg di maksud hubungi kami di 085730143359 atau indahsugiyanto@gmail.com
      terima kasih.
      Produk kami ada di http://www.makrifatbusiness-by-indah.blogspot.com

      Hapus
  18. SECARA LANGSUNG PERLU OBYEKTIFITAS, BUKAN SUBYEKTIF, APAKAH BENAR ATAU TIDAK HARGA GAHARU SEDEMIKIAN MENGGIURKAN SAMPAI ORANG2 MENGEJAR BIBIT DAN SEBAGAINYA KE LUAR JAWA BALI, TOLONG TUNJUKKAN SECARA LANGSUNG DIMANA ADA TRANSAKSI YANG BENAR2 TERJADI, SAYA INGIN LIHAT DENGAN MATA KEPALA SENDIRI

    BalasHapus
  19. dengan melihat dan mendengar serta mencermati secara langsung transaksi dan jual beli kayu gaharu, gubal gaharu dll maka saya bisa berceritera apa adanya kepada kelompok saya di desa. hub saya di 081393377309/081802518894. GEDE S PUTRA SH Ketua kelompok Tani Kebun Dusun Abasan desa Panjianom Kec Sukasada Kab Buleleng Prov BALI
    81161

    BalasHapus
  20. Terima Kasih atas Info kayu gaharu... sy dari Kalimantan timur dapat Bibit untuk budidaya gayu gaharu di mana yang paling dekat.

    BalasHapus
  21. kami jalin kerja sama tanam bagi yg punya lahan tak perlu keluar modal lagi kami tanami seluruh biaya kami tanggung untk wilayah banyuwangi saja, kami jadikan ladang bebas tidak terikat apapun,mau jual kami salurkan gak mau jual silahkan pohon di bagi setelah umur 8 tahun 50%UNTUK PEMILIK LADANG hubungi email aviv10065@ yahoo,com

    BalasHapus
  22. JSS Tripler : Penghasilan Ratusan Ribu Dollar Perbulan dari Sebuh Bisnis Internet yang Indefinitely sustainable Sangat, Populer di Amereika Serikat Sejak Tahun 1979 Hingga. info lebih lanjut http://www.jsstripler-info.co.cc/

    BalasHapus
  23. infonya menarik juga....

    numpang nitip yg ini juga gan http://daily-earning.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Numpang info bagi rekan rekan yang membutuhkan bibit tanaman gaharu jenis A.Malaccencis penghasil gubal gaharu terbaik uk >< 25 cm bibit tanaman gaharu bisa dilihat dahulu. juga menjual bibit tanaman kayu-kayuan, buah-buahan/MPTS, turus jalan. lokasi saya ada NGANJUK JAWA-TIMUR. CP;08123447660

    BalasHapus
  25. Menurut saya bisnis GAHARU cukup menjanjikan untuk tabungan masa depan.Tetapi butuh kesabaran dan ketekunan yang luar biasa,saya punya lahan 1500m di Kulon Progo,Jogja dan saya tertarik untuk menanam Gaharu.Tapi gimana caranya?ANTON 082122053990,087782400357,02194864357

    BalasHapus
  26. thanks Info nya,, sangat bermanfaat sekali,,!!!

    BalasHapus
  27. didaerah palembang gaharu ukran sktar 20cm dijual 25 ribu per buah,.
    sangat mahal,. ad yg bs lbh murah???

    BalasHapus
  28. SAYA PUNYA LAHAN PEKARANG 800 M2, 4000m2 dan 210 m2

    ingin saya tanami gaharu.....

    saya gag punya modal

    saya juga bisa usahakan kerjasama dengan petani di lahan marginal....

    call saya, mohon bantuannya 081249412121

    BalasHapus
  29. Kami punya lahan 2500m2
    kami ingin menanam dan juga berbisnis jual beli.nya
    bagaimana cara prosesnya???
    dari pemerintah jatim tidak ada info
    kami rakyat kecil dari kabupaten malang sangat ingin sekali berbisnis dan juga mengajak seluruh teman warga setempat..
    Mohon Bantuannya .085234587964

    BalasHapus
  30. wow blog yang bagus, materinya juga keren...oya ada glubal super king ndak bos...ni ada bayar dari swis lg nyari..

    tolong kirim fonya dulu..

    BalasHapus
  31. bagi yg memerlukan inokulan untuk inokulasi pohon gaharu silakan hubungi kami di 08988153397, masa panen 2 tahun, hasil maksimal, gubal keras tidak gabusan, resin lebih banyak karena menggunakan bahan alami. tingkat keberhasilan mencapai 99%. kalau gagal ada garansi inokulan. pohon umur 3 tahun sudah bisa di inokulasi dengan inokulan kami.

    BalasHapus
  32. kami juga menyediakan bibit dari yang kwalitas biasa sampai kwalitas super.

    BalasHapus
  33. kami punya bibit gaharu posisi di Lempake Jaya dan Teluk Pandan Kalimantan Timur berminat Hub : 081346221156/085250015003

    BalasHapus
  34. saya mau pesan bibit gaharunya 1 paket tapi bisa nda dikirim ke sulawesi

    BalasHapus
  35. << tampung gaharu SUPER Type A
    RP 100jt/kg dan type lain harga tergantung kualitas..
    vb90a@yahoo.com (085362669688)

    BalasHapus
  36. Saya tertarik dg budidaya gaharu, klw untk dtran tinggi di atas 1200 dpl cocok ga dan di tanam di sela pohon g ada gmna? tks

    BalasHapus
  37. yanto Air Molek Rengat, saya tertarik dengan budi daya gaharu, kami sudah menanam sekitar umur 3THN. kami bingung cari cendawan yang digunakan sebagai inokulumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat mas yanto saya ada yang saudara butuhkan hubungi saya di 08127671805

      Hapus
  38. yang butuh vaksin/inokulan/cendawan serta bibit gaharu hubungi saya di 08127671805

    BalasHapus
  39. Sedia bibit gaharu jenis Malacensis ..per paket isi 110 pohon harga 500.000 termasuk ongkos kirim. Hubungi Suwarto 085227348404

    BalasHapus