Cari artikel lain

"Semoga artikel berikut dapat memberikan manfaat bagi Anda"
"Banyak cara untuk saling memberi kepada sesama"
"Mari saling berbagi, semoga damai selalu bersama kita. Amiin"

Kamis, 16 Februari 2012

Obat Alami Sakit Kepala

Sekilas mengenai sakit kepala, Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala: kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan.
Salah satu jenis sakit kepala yang juga banyak dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migrain. Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita
migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik dan biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Hal itu tentu amat mengganggu dan bisa menghambat segala aktifitas si penderita.
Kata migrain berasal dari bahasa Yunani yaitu hemicrania (hemi=setengah, cranium=tengkorak kepala). Serangan sakit kepala migrain dapat terjadi beberapa kali setahun sampai beberapa kali seminggu, dengan lama serangan biasanya 1-2 jam. Migrain atau sakit kepala sebelah sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, diperkirakan jenis sakit kepala ini disebabkan karena adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (luka radang).


Berikut beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala secara alami dan tradisional:
  1. Air Putih. Terkadang sakit kepala datang karena gejala dehidrasi. Minum banyak air putih untuk mencukupi kebutuhan tubuh, bisa  meredakan sakit kepala ini. Pilih air biasa atau hangat saja karena air es malah bisa menambah sakit kepala.
  2. Bunga Matahari, caranya : Sediakan 25-30 gr bunga matahari (yang masih segar ya, bukan bijinya saja), lalu tambahkan 1 butir telur ayam (tidak dipecahkan) dan 3 gelas air, direbus menjadi 1/2 gelas. Diminum sesudah makan, 2xsehari.
  3. Teh dengan mint atau air peppermint cukup untuk membantu mengatasi sakit kepala.
  4. Aromaterapi dari kulit jeruk yang dilumatkan kemudian ditempelkan di dahi atau pelipis juga bisa mengatasi sakit kepala.
  5. Jahe Merah, caranya :Jahe ditumbuk/diparut sampai halus, tambah air sedikit saja hingga berbentuk pasta, lalu tempelkan pada pelipis dan belakang telinga.
  6. Minum Madu Asli
  7. Jus Kulit Manggis
  8. Lemon Tea hangat
  9. Bangle atau biasa disebut panglay (sunda), sejenis jahe. (Zingiber montanum (J.K├Ânig) Link ex A.Dietr. = syn. Zingiber cassumunar, syn. Z. purpureum Roxb.)
  10. Kencur Kaempferia galanga L.)
  11. Daun dan Bunga Melati, ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.
  12. Bawang Putih, caranya : bawang putih ditumbuk halus, lalu dikompreskan pada dahi.
  13. Daun Hirih, direbus atau bisa langsung diperas dan airnya diminum.
Masih banyak obat alami tradisonal yang lainnya yang bisa digunakan untuk dijadikan obat sakit kepala.
Semoga bermanfaat dan Semoga Lekas Sembuh.

"setiap penyakit pasti ada obatnya"
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Foto Saya

Baik Hati, Tidak Sombong, Berbakti pada Ibu/Bapak, Hormat pada Sesama, Suka Menolong, Rajin Menabung, dan Enteng Jodoh....Heeeee....