Cari artikel lain

"Semoga artikel berikut dapat memberikan manfaat bagi Anda"
"Banyak cara untuk saling memberi kepada sesama"
"Mari saling berbagi, semoga damai selalu bersama kita. Amiin"

Rabu, 22 Mei 2013

Buah Puspita atau Pepino

Deskripsi
Pepino atau lazim disebut Buah Puspita dalam bahasa latin "solanum muricatum" merupakan spesies semak hijau asli Amerika Selatan yang biasa ditanam untuk diambil buahnya.
Pepino atau Buah Puspita dipercaya menjadi tanaman asli daerah Pegunungan Andes di Kolombia, Peru, dan Chile, meskipun tidak diketahui di alam liar dan rincian domestikasinya.
Pepino atau Buah Puspita berbentuk bulat telur dengan bobot bervariasi, tergantung ukuran buahnya. Pepino atau Buah Puspita mengandung berbagai zat gizi yang berguna untuk kesehatan, terutama dalam bentuk mineral dan berbagai vitamin.
Pepino atau Buah Puspita dipercaya memiliki khasiat untuk pengobatan. Sebagian masyarakat mengenal Pepino atau Buah Puspita untuk pengobatan para dewa, yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit, seperti darah tinggi, batu ginjal dan stroke.

Perbanyakan
Pepino atau Buah Puspita dapat ditanam dengan cara stek pohon/batang yang sudah tua atau dengan cara menyemai bijinya. Pembibitan Pepino atau Buah Puspita dengan cara stek akan lebih cepat berbuah dan bisa dipanen dalam waktu 3 bulan, sementara dengan cara tanam biji bisa berumur mencapai 6-8 bulan.

Pemeliharaan
Proses pemeliharaan pohon Pepino atau Buah Puspita sangatlah mudah. Pemberian pupuk dilakukan secara teratur. Karena pohon Pepino atau Buah Puspita menghasilkan buah untuk pengobatan, maka pemupukan diutamakan dengan menggunakan pupuk organik, agar khasiatnya tetap terjaga.
Selain itu, pemeliharaan dilakukan dengan membersihkan daun yang sudah tua. Hama pohon Pepino atau Buah Puspita adalah wereng. Bila hama menyerang maka, daun akan kering. Namun dengan pemeliharaan yang baik, hama tidak menjadi gangguan yang dapat mengakibatkan gagal panen. Daun yang rusak terkena hama harus segera disingkirkan.
Setiap pohon Pepino atau Buah Puspita dapat berbuah terus menerus selama 1 tahun, dengan jumlah buah yang dihasilkan antara 5 sampai 10 kilogram. Pepino atau Buah Puspita yang telah matang berwarna kuning. jika dimakan rasanya seperti buah melon, walau sebetulnya Pepino atau Buah Puspita adalah merupakan keluarga dari terung-terungan (solanum).

Khasiat Pepino atau Buah Puspita
Beberapa khasiat yang terkandung dalam Pepino atau Buah Puspita antara lain:  antikanker, antimikroba, antioksidan, antitrombotik, meningkatkan sistem kekebalan, antiradang, mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol, serta mengatur kadar gula darah.
Pepino atau Buah Puspita juga dinilai berguna untuk penderita kencing manis, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker dan batu ginjal.
Konsumsi Pepino atau Buah Puspita yang rutin akan memberikan hasil optimal bagi pencegahan penyakit-penyakit tersebut.
Pepino atau Buah Puspita juga dipercaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Produk herbal dari Cina yang berbahan baku pepino, saat ini banyak dijual di Indonesia.

Solanum muricatum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
(tidak termasuk)Eudicots
(tidak termasuk)Asterids
Ordo:Solanales
Famili:Solanaceae
Genus:Solanum
Spesies:S. muricatum
Nama binomial
Solanum muricatum
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Foto Saya

Baik Hati, Tidak Sombong, Berbakti pada Ibu/Bapak, Hormat pada Sesama, Suka Menolong, Rajin Menabung, dan Enteng Jodoh....Heeeee....