Cari di Blog Ini

"Semoga artikel berikut dapat memberikan manfaat bagi Anda"
"Banyak cara untuk saling memberi kepada sesama"
"Mari saling berbagi, semoga sukses dan sehat selalu serta dalam keberkahan. Amiin"

Senin, 08 Agustus 2011

Khasiat Kunyit

Kunyit memiliki begitu banyak manfaat, selain untuk bumbu dapur kunyit juga sangat banyak digunakan khasiatnya untuk obat tradisional. Khasiat kunyit memang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.
Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Ada beberapa khasiat kunyit yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan kita, antara lain :

Khasiat Kunyit untuk Pembersih Flek pada Wajah
Kunyit dapat digunakan untuk pembersih wajah. Bubuk kunyit dicampur dengan sedikit air perasan mentimun atau perasan jeruk lemon. Setelah tercampur merata, tempelkan pada area kulit yang terdapat flek. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan hal ini setiap hari untuk melihat perubahan yang signifikan pada warna kulit Anda.

Khasiat Kunyit untuk Penurun Panas
Kunyit memiliki kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi (anti-peradangan). Selain sebagai penurun panas, campuran ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Umumnya yang digunakan adalah rimpangnya; warnanya oranye.
Caranya: Cuci bersih 10 gram umbi kunyit. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Tambahkan dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, kemudian berikan 3 kali sehari.

Khasiat Kunyit untuk Luluran/Perawatan Kulit
Kunyit dapat dijadikan lulur untuk merawat tubuh. Sediakan kunyit yang sudah dikupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Parut rimpang kunyit tsb,lalu campur dengan air. Biarkan mengendap dan ambil sari pati atau endapannya. Selain itu, sediakan pula pati beras, lalu campurkan pati kunyit dengan pati beras tadi. Selanjutnya oleskan keseluruh anggota badan secara merata. Ada baiknya saat menggunakan lulur ini adalah malam hari menjelang tidur dan esok paginya lulur dibersihkan ketika mandi.

khasiat Kunyit untuk Tifus
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas ai masak yang masih hangat dan disaring. Cara menggunakan : diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut - turut.
 

khasiat Kunyit untuk Diabetes
Bahan : 3 rampang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

khasiat Kunyit untuk Usus Buntu
Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren, garam secukupnya. Cara membuat : kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum setiap pagi setelah makan secara teratur.
 

khasiat Kunyit untuk Disentri
Bahan : 1 - 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingg tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum dan diulangi sampai sembuh.
 

khasiat Kunyit untuk Haid tidak Lancar
Untuk mempelancar haid anda membutuhkan 2 rimpang kunyit, 2 sdt ketumbar, 1/2 sdt biji pala, dan 1/2 genggam daun sri gading. Bahan tsb ditumbuk halus. Masukkan kedalam panci, dan berilah 1 ltr air. Direbus sampai mendidih, saring dan hasil saringan dapat diminum satu gelas sehari.


Khasiat Kunyit untuk Sakit Keputihan
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 1 gelas sehari.
 
khasiat Kunyit untuk Ketombe
Secara alami kunyit dapat dipakai untuk merawat rambut, khususnya supaya rambut bebas ketombe. Ketombe adalah sisik yang berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala terasa sangat gatal. Untuk mengatasi ketombe ambil kunyit, kupas dan cuci bersih lalu tumbuk.Ambil sarinya dan gosokkan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit. Biarkan 3-5 jam hingga sari kunyit meresap. Setelah itu, cuci bersih rambut dan kulit kepala sampai bersih. Lakukan beberapa kali sampai ketombe hilang.
 

khasiat Kunyit untuk Jerawat
Rimpang kunyit sebesar ibu jari dicuci,dikupas lalu diiris-iris. Seduh dengan segelas air dan tambahkan 1 sdm gula pasir.Minum air seduhan kunyit tersebut dan barengi dengan makan tapai singkong.Lakukan setiap hari secara rutin hingga jerawat hilang.

Baca Juga Artikel Cara Budidaya Kunyit

0 komentar :

Posting Komentar